Psikodimensia: Kajian Ilmiah Psikologi
Vol 15, No 1 (2016)

STUDI DESKRIPTIF IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PSIKOLOGIS ANAK BERBAKAT DI KELAS AKSELERASI

Gabriella Larasati (Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang)
A. Rachmad Djati Winarno (Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan-kebutuhan psikologi anak berbakat di kelas akselerasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling dengan total subjek sebanyak 20 orang terdiri dari 14 orang perempuan dan 6 orang laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 3 Semarang. Untuk mengungkap kebutuhan-kebutuhan psikologis digunakan tes EPPS (Edwards Personal Preference Schedule) sebagai metode utama dan wawancara sebagai metode pendukung. Hasil penelitian menunjukkan lima kebutuhan tertinggi dan lima kebutuhan terendah. Lima kebutuhan tertinggi yaitu kebutuhan akan penonjolan diri (need of exhibition), kebutuhan penyesuian diri (need of intraception), kebutuhan berprestasi (need of achievement), kebutuhan menguasai (need of dominance), kebutuhan akan perubahan (need of change). Selanjutnya lima kebutuhan terendah yaitu kebutuhan keteraturan (need of order), kebutuhan kemandirian (need of autonomy), kebutuhan diperhatikan (need of succorance), kebutuhan heteroseksual (need of heterosexuality), kebutuhan menghormati (need of deference).

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

psi

Publisher

Subject

Physics

Description

PSIKODIMENSIA is a scientific study that contains the results of research, thought and dissemination that aims to improve research, reviews and applications in the field of psychology. As a forum, communication media, and scientific development, the editorial received a contribution to the article ...