Jurnal Dimensi Insinyur Profesional
Vol. 3 No. 2 (2025): September 2025

Implementasi Profesionalisme, Etika, dan K3 Pada Perencanaan Struktur Bangunan Villa Dengan Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus di Daerah Pantai Bali

Wijaya, Ezra Kenzie (Unknown)
Octavia, Tanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2025

Abstract

Indonesia, yang terletak di Cincin Api Pasifik, memiliki kerentanan tinggi terhadap aktivitas seismik. Kerentananini menekankan kebutuhan infrastruktur yang aman ketika gempa, terutama di tengah percepatan pembangunan berbasispariwisata. Perkembangan pesat villa, resort, dan hotel di Bali sebagai destinasi wisata utama menuntut desain struktur yangmengutamakan keselamatan, estetika, dan fungsionalitas. Penelitian ini membahas perencanaan villa dengan Sistem RangkaPemikul Momen Khusus (SRPMK) yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) 2847-2019, SNI 1726-2019, dan SNI 1727-2020. Perencanaan villa ini mengintegrasikan profesionalisme, etika, dan keselamatan kerja (K3) dengan analisa iteratifmenggunakan program ETABS dan Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua elemen struktur memenuhi persyaratandesain berdasarkan SNI. Balok dan kolom dirancang dengan memperhatikan aspek kekuatan lentur, geser, dan aksial, sertamemenuhi prinsip Strong Column-Weak Beam untuk mencegah keruntuhan bangunan secara tiba-tiba. Pondasi bored pile dipilihberdasarkan jenis tanah sekaligus meminimalkan dampak terhadap lingkungan sekitar, sesuai prinsip etika. Desainmempertimbangkan K3 dengan penerapan faktor keamanan melalui metode Load and Resistance Factor Design (LRFD) untukmemastikan ketahanan struktur.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

dip

Publisher

Subject

Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal Dimensi Insinyur Profesional is published biannually, in March and September, by Petra Christian University, Indonesia. Jurnal Dimensi Insinyur Profesional aims to: 1) Promote a comprehensive approach to engineering incorporating viewpoints of different disciplines, 2) Strengthen academic ...