PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9, No 2 (2025): EDISI OKTOBER, 2025

PROFIL TROUBLESHOOTING MATEMATIKA OLEH ANAK DIDIK SMA BERDASARKAN GENDER DAN SELF CONFIDENCE

Agustin, Cindhy Eka (Unknown)
Hartanto, Setyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2025

Abstract

Kajian ini diperuntukan untuk menganalisis kepandaian Troubleshooting matematis anakdidik pada menyelesaikan soal matematika yang berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) dilihat pada gender dan self confidence. Explorasi memakai pendekatan kualitatif deskriptif pada subjek kelas X di salah satu SMA di Tulungagung sejumlah empat anakdidik, yang dipilih berdasarkan kategori gender (laki-laki dan perempuan) dan tingkat self confidence (tinggi dan rendah). Data diperoleh melalui angket self confidence, tes Troubleshooting matematis, dan wawancara terstruktur. Proses analisis data pada explorasi ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan utama menunjukkan bahwa anakdidik laki-laki yang memiliki keyakinan diri tinggi mampu menyelesaikan tiga indikator Troubleshooting sesuai teori Polya, yakni memahami soal, menyusun rencana, dan mekerjakan rencana tersebut. Anakdidik perempuan pada self confidence tinggi mampu memenuhi dua indikator, yakni memahami problem dan menyusun rencana penyelesaian. Anakdidik laki-laki pada self confidence rendah hanya mampu memenuhi dua indikator awal, sementara anakdidik perempuan pada self confidence rendah hanya mampu memenuhi satu indikator, yakni memahami problem. Hasil kajian ini mengindikasikan bahwa tingkat keyakinan diri memiliki dampak signifikan terhadap kepandaian Troubleshooting matematis anakdidik. Implikasi pada kajian ini yakni guru perlu fokus pada pengembangan keyakinan diri siswa sebagai upaya untuk mengoptimalkan keterampilan berpikir kritis mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...