KOMUNIKATA57
Vol. 6 No. 1 (2025): KOMUNIKATA57

PENGARUH TERPAAN FILM NGERI-NGERI SEDAP TERHADAP SIKAP KETERBUKAAN GENERASI Z DENGAN ORANG TUA DI KABUPATEN BOGOR

Ahmad Ghariza Indra Nugroho (Unknown)
Dipo Krishyudi Ono (Unknown)
David Rizar Nugroho (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Film merupakan bagian dari media komunikasi massa yang sering kali digunakan sebagai media yang menggambarkan kehidupan sosial dalam masyarakat. Film dapat menjadi sarana komunikasi yang efektif, pesan dalam film dapat mendorong perubahan positif. Hal ini menunjukkan bahwa film dapat memengaruhi seseorang melalui terpaan. Tujuan penelitian ini menganalisis perubahan sikap keterbukaan dengan orang tua di Kabupaten Bogor. Peneliti memanfaatkan desain metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan Probility sampling dan Cluster sampling untuk penarikan sampel didasari oleh teori S-O-R. Teknik analisis data digunakan dalam penelitian adalah regresi sederhana, dan asumsi klasik. Populasi dan sampel yang diteliti adalah Generasi Z di Kabupaten Bogor, sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah terpaan film sebagai variabel independen dan perubahan sikap sebagai variabel dependen. Variabel terpaan film memiliki tiga indikator yaitu atensi, durasi, dan frekuensi sedangkan pada variabel perubahan sikap juga memiliki tiga indikator yaitu kognitif, afektif, dan konatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh terpaan film Ngeri-Ngeri Sedap terhadap perubahan sikap keterbukaan Generasi Z di Kabupaten Bogor sebesar 31 persen. film juga dapat mengubah sudut pandang penonton menjadi lebih emosional serta dapat mengubah pola pikir untuk berilaku jujur.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

komunikata57

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Journal Sains Komunikata57 (the Scientific Journal of KOM57) is a bilingual journal of communication studies which publish particularly articles on Public Relations, Advertising & Marketing Communication, Media and Political Communication, Intercultural Communication, and Organizational ...