Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variasi produk dan social media marketing terhadap keputusan pembelian di Kedai Kopi Kebun Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Variasi produk merupakan upaya strategis dalam menyediakan beragam pilihan produk bagi konsumen baik dari segi jenis, ukuran, kualitas, maupun aspek lainnya sedangkan social media marketing merupakan salah satu bentuk pemasaran digital yang memanfaatkan platform media sosial untuk mempromosikan suatu produk atau layanan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 1.008 orang dengan penggunaan sampel sebanyak 213 responden yang merupakan konsumen Kedai Kopi Kebun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai beta sebesar 0,223 dan nilai signifikansi 0,000. Social media marketing juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai beta sebesar 0,425 dan nilai signifikansi 0,000. Serta secara simultan, kedua variabel tersebut memiliki pengaruh sebesar 56% terhadap keputusan pembelian berdasarkan nilai Adjusted R Square, yang berarti bahwa 44% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Variasi Produk, Social Media Marketing, Keputusan Pembelian, Kedai Kopi Kebun
Copyrights © 2025