JURNAL HERITAGE
Vol 9 No 1 (2021): Jurnal Heritage

PENGEMBANGAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN POKDARWIS DESA JURUG DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN (STUDI KASUS DI DESA WISATA JURUG KECAMATAN SOOKO KABUPATEN PONOROGO)

M. Rifa'i (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Kabupaten Ponorogo merupakan salah satu kabupaten yang sedang gencar-gencarnyamengembangkan potensi pariwisatanya. Salah satunya adalah Pokdarwis Desa Jurug,Kehadiran Kelompok Sadar Wisata ini sebagai institusi lokal dalam pembangunan danpengembangan pariwisata pihak dan yang bertanggung jawab dalam kegiatan pengelolaanatau manajerial, karena pada dasarnya Pokdarwis memiliki kewenangan untuk mengatursetiap aktivitas pembangunan dan pengembangan pariwisata sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang mengikutinya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Startegi Komunikasipokdarwis desa Jurug dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Teori yang digunakanpada penelitian ini adalah teori Integrated marketing communication (IMC) dari Tjiptono.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis data yang disajikanyakni observasi dan wawancara menggunakan data primer melalui sumber data key informandan informan, data sekunder melalui sumber data dokumen, buku-buku, artikel, dandokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif model interaktifyang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari empat komponen yaitupengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Pengembangan StartegiKomunikasi pokdarwis desa Jurug dalam meningkatkan kunjungan wisatawan melalui limaelemen komunikasi pemasaran terpadu yaitu 1. Periklanan dengan pemasangan spanduk,pembagian brosur, iklan di media Televisi di koran, dan di radio. 2. Promosi Penjualandengan menggelar kegitan atau even-even di hari-hari besar dengan memberikan doskon 30%tiket masuk, 3. Public Relations (hubungan masyarakat) melalui kerjasama dengan beberapainstansi wilayah ponorogo dan lobi negosiasi sponsor event, 4. Personal Selling (penjualanpribadi) dengan beberapa paguyupan reog, instansi-instansi terkait pariwisata, memberikanperkemhan gratis ke sekolah-sekolah dan promo di lokasi event yang ada di ponorogo, 5.Direct And Online marketing (langsung dan pemasaran online) dengan menggunakanprogram promo dan perkembangan wisata melalui broadcast e-mail, instagram, Facebook danwhatsapp Group.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

HERITAGE

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Heritage merupakan publikasi ilmiah enam bulanan yang diterbitkan oleh FISIP Universitas Yudharta Pasuruan. Dan terdiri dari kumpulan penelitian-penelitian ilmu-ilmu sosial dalam perspektif ilmu komunikasi. Naskah yang diterima hanya naskah asli dan belum di publikasikan di media ...