Penelitian ini membahas implementasi kegiatan seni rupa sebagai sarana ekspresi dan stimulasi perkembangan anak usia dini di TK I-1 Kartika Medan. Permasalahan utama dalam studi ini adalah bagaimana kegiatan seni rupa diterapkan serta tantangan yang dihadapi guru dalam proses pembelajarannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan praktik kegiatan seni rupa serta mengidentifikasi hambatan yang muncul. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara kepada guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan seni rupa dilaksanakan secara rutin dan terintegrasi dengan tema pembelajaran. Anak menunjukkan antusiasme tinggi terhadap kegiatan seni. Tantangan yang dihadapi mencakup keterbatasan jumlah guru, variasi kemampuan anak, dan minimnya keterlibatan orang tua. Penelitian ini merekomendasikan perlunya kolaborasi yang lebih kuat antara sekolah dan orang tua guna mengoptimalkan hasil pembelajaran seni rupa.
Copyrights © 2025