Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pelayanan perpustakaan berdasarkan standar nasional perpustakaan mewujudkan peran perpustakaan sebagai pusat pemberdayaan masyarakat, kemudian untuk mendeskripsikan implementasi pelayanan perpustakaan berdasarkan standar nasional perpustakaan dan untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam implementasi pelayanan perpustakaan berdasarkan standar nasional perpustakaan di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Sidenreng Rappang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer adalah 3 (tiga) orang pustakawan dan 3 (tiga) orang pemustaka. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik analisis data melalui 3 (tiga) tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pelayanan perpustakaan dalam mewujudkan peran perpustakaan sebagai pusat pemberdayaan masyarakat melalui 3 (tiga) hal yaitu, tersedianya ruang kreativitas, aksesibiltas informasi yang mendukung kebutuhan informasi pemustaka dan meningkatnya kualitas pelayanan perpustakaan berbasis kebutuhan pemustaka. Unsur-unsur pelayanan perpustakaan yang telah dan belum memenuhi standar meliputi, standar umum yang telah memenuhi standar adalah layanan onsite, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, perpustakaan keliling atau pelayanan ekstensi, sementara untuk pelayanan secara online belum memenuhi. Standar waktu pelayanan untuk pelayanan secara onsite dan jenis pelayanan telah memenuhi standar. Pada sistem layanan dan akses informasi, sistem otomasi perpustakaan telah terpenuhi. Pada standar keanggotaan, jumlah permustaka dan peminjaman belum memenuhi standar. Pada standar promosi perpustakaan, jenis promosi belum memenuhi, sementara untuk jumlah kegiatan promosi perpustakaan telah terpenuhi. Kemudian terkait dengan standar peningkatan pelayanan perpustakaan. Kendala yang dihadapi dalam implementasi standar tersebut yakni pada aspek sumber daya manusia serta sarana penunjang pelayanan perpustakaan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025