Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 8, No 3 (2025)

Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Lestari, Diah Dwi (Unknown)
Kartini, Kartini (Unknown)
Hutapea, Nahor Murani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Pekanbaru berdasarkan indikator numerasi, konten matematika, konteks soal, dan level proses kognitif dalam Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak 30 siswa. Data dikumpulkan melalui Teknik tes menggunakan instrumen berupa lima soal AKM yang mencakup konten bilangan, geometri, aljabar, serta data dan ketidakpastian, dengan konteks personal, sosial, dan saintifik. Analisis dilakukan terhadap indikator merumuskan (Q1, Q2), menerapkan (R1, R2), dan menafsirkan (S1) menggunakan skala penskoran 0–2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa paling mampu dalam merumuskan masalah (Q2: 0,79), namun lemah dalam menerapkan prosedur (R2: 0,46) dan menafsirkan hasil (S1: 0,66), terutama pada soal dengan konten data dan konteks saintifik. Pencapaian tertinggi terdapat pada konten bilangan (0,91), konteks sosial (0,72), dan level penalaran (0,85). Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun siswa dapat memahami dan memodelkan soal, mereka masih kesulitan dalam aplikasi dan interpretasi dalam konteks nyata.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...