Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 5 No. 4 (2025): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Penggunaan Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN 095195 Parsaguan

Gultom, Roni Valdy (Unknown)
Sidabutar, Yanti Arasi (Unknown)
Sijabat, Osco Parmonangan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Wordwall terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 095195 Parsaguan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra-eksperimen tipe One Group Pretest-Posttest Design dengan sampel penelitian adalah 25 orang siswa di kelas IV. Instrumen penelitian iyalah 30 soal pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan aplikasi Wordwall. Rata-rata skor pretest siswa adalah 43,2 pada posttest 90,2. Uji normalitas uji-t menunjukkan nilai t hitung sebesar 18,554, t tabel (2,063) dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Wordwall memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 095195 Parsaguan pada materi "Tumbuhan, Sumber Kehidupan di Bumi".

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...