Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 9 No 2 (2025): Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat

PENINGKATAN PEMASARAN DIGITAL UMKM GROBBAK KOREA MELALUI OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL DAN PLATFORM ONLINE

Diwa, Flowrensia Asa (Unknown)
Belawan, Marcelina Bulan (Unknown)
Rachmah, Zahrotul Laila (Unknown)
Hariyanto, Nico (Unknown)
Silintowe, Yunita Budi Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2025

Abstract

Grobbak Korea merupakan salah satu UMKM yang ada di Kota Salatiga yang membutuhkan pendampingan dalam pemanfaatan media sosial dan platform online untuk meningkatkan pemasaran digitalnya. Permasalahan utama adalah kurangnya pemanfaatan media digital secara optimal, serta tidak adanya strategi konten yang konsisten dan terarah. Kegiatan pendampingan dilakukan pada tanggal 27 April 2025 - 9 Juni 2025. Media sosial yang dikembangkan antara lain melalui Instagram dan TikTok. UMKM Grobbak Korea juga melakukan promosi produk Grobbak Korea melalui Website dan Linktree. Dari kegiatan yang dilakukan terbukti dapat membantu memberikan dampak positif dalam pemasaran UMKM. Aktivitas seperti pengaktifan kembali akun media sosial, pembuatan konten terjadwal, pengunggahan foto produk serta pembuatan Website dan Linktree tersebut mampu meningkatkan interaksi dengan pelanggan. Peningkatan jumlah pengikut Instagram dan video konten di platform TikTok telah menunjukkan bahwa media sosial menjadi solusi efektif pemasaran digital bagi UMKM.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

adiwidya

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat adalah jurnal yang berisikan kumpulan hasil pengabdian dosen Universitas di Surakarta dan sekitarnya yang disusun dalam bentuk artikel pengabdian. Jurnal Pengabdian Adi Widya diterbitkan oleh Universitas Slamet Riyadi Surakarta dengan penebitan 2 kali 1 ...