Pertumbuhan bisnis kafe di Kota Malang meningkat signifikan sebesar 20% pada tahun 2023 dengan total 3.442 usaha (Bapenda, 2023). Persaingan ketat di industri ini menuntut coffee shop untuk memperkuat brand identity melalui desain interior yang nyaman dan konsisten, sebagaimana ditunjukkan oleh merek-merek Top Brand seperti Kopi Kenangan dan Fore Coffee. Identitas merek yang diterapkan secara konsisten pada interior menciptakan kesan yang kohesif dan menyenangkan, sehingga meningkatkan kenyamanan visual melalui kejelasan dan estetika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kenyamanan visual dan spasial pengunjung melalui penerapan brand identity interior coffee shop di kota Malang. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan observasi langsung pada dua objek studi: Fore Coffee dan Kopi Kenangan di Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fore Coffee berhasil menerapkan kenyamanan visual 100% dan Kopi Kenangan 95%. Temuan ini membuktikan bahwa desain interior yang terencana tidak hanya memperkuat identitas merek tetapi juga meningkatkan pengalaman pengunjung coffee shop. Kata kunci: brand identity, interior, coffee shop, kenyamanan visual.
Copyrights © 2025