Penelitian ini menekankan urgensi e-learning inovatif untuk mendukung kecakapan berpikir kritis mahasiswa abad 21, khususnya pada mata kuliah manajemen strategi zakat. Pembelajaran tidak cukup berhenti pada teori, tetapi harus menstimulasi analisis strategis, pemahaman mendalam, dan refleksi kritis atas isu sosial-keagamaan. Model e-learning berbasis problem-based learning, studi kasus aktual, dan diskusi reflektif dinilai efektif untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Desain konten yang kontekstual menghubungkan teori zakat dengan realitas sosial, sekaligus mendorong mahasiswa berperan sebagai analis dan problem solver. Metodologi penelitian menggunakan library research dengan content analysis terhadap literatur primer dan sekunder. Validitas data diperkuat melalui triangulasi sumber, validasi ahli, dan audit trail. Temuan menunjukkan bahwa e-learning dengan prinsip interaktif, kontekstual, dan strategis mampu membentuk kecakapan kritis mahasiswa secara holistik. Secara konseptual, penelitian ini berkontribusi pada pengembangan model pembelajaran ekonomi Islam digital yang integratif, menggabungkan nilai spiritual, keadilan sosial, serta keterampilan analitis, sehingga mencetak lulusan kritis, profesional, dan visioner.
Copyrights © 2025