IKRA-ITH EKONOMIKA
Vol. 8 No. 2 (2025): IKRAITH-EKONOMIKA Vol 8 No 2 Juli 2025

PENGARUH KEUNIKAN PRODUK DAN WORD OF MOUTH (WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK MIHUN CAP JEMPOL CV. SINAR JAYA PEMATANGSIANTAR

Sazali, Faisyal Hafiez (Unknown)
Harahap, Lokot Muda (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Keunikan Produk dan Word of Mouthterhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada produk Mihun CV. Sinar JayaPematangsiantar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif denganpopulasi seluruh konsumen Mihun CV. Sinar Jaya, sedangkan sampel ditentukanmenggunakan teknik tertentu sesuai kriteria penelitian. Data diperoleh melalui kuesionerdan dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa variabel Keunikan Produk (X1) berpengaruh positif dan signifikanterhadap Keputusan Pembelian (Y). Variabel Word of Mouth (X2) juga berpengaruh positifdan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Secara simultan, Keunikan Produk danWord of Mouth berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilaikoefisien determinasi (R²) sebesar 0,623. Hal ini berarti bahwa 62,3% variasi KeputusanPembelian dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen tersebut, sedangkan sisanya37,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IKRAITH-EKONOMIKA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

This scientific journal of IKRA-ITH Ekonomiika is a Scientific Journal for the publication of economic papers published by the YAI University Persada Indonesia Research and Community Service Institute. This scientific journal is a means of pouring ideas and lecturer papers working in the field of ...