JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK
Vol. 2 No. 5 (2025): Oktober

PENGARUH BREATHING IMAGERY TERHADAP KECEMASAN ANAK REMAJA KORBAN BULLYING DI MTS MIFTAHUL HUDA WATUAJI KELING JEPARA

Insani, Nissak Dias Insani (Unknown)
Feri Catur Yuliani (Unknown)
Akbar Amin Abdullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2025

Abstract

Fenomena bullying di Indonesia masih menjadi permasalahan serius dalam dunia pendidikan. Data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2023 menunjukkan sekitar 30% siswa mengalami berbagai bentuk bullying, baik verbal, fisik, sosial, maupun siber. Kasus-kasus bullying yang kerap viral di media sosial semakin menegaskan bahwa lingkungan sekolah, yang seharusnya menjadi tempat aman bagi siswa, justru berpotensi menjadi ruang terjadinya kekerasan psikologis maupun fisik.Kondisi tersebut juga ditemukan di lokasi penelitian, yaitu di MTs Miftahul Huda Watuaji Keling Jepara. Hasil studi pendahuluan dan wawancara dengan guru BK menunjukkan sebanyak 22 siswa kelas VIII mengalami tanda-tanda kecemasan akibat bullying, seperti perasaan takut, menarik diri, kesulitan konsentrasi, dan rendahnya rasa percaya diri. Hal ini menunjukkan bahwa bullying nyata terjadi di lingkungan sekolah tersebut dan memberikan dampak signifikan terhadap kesehatan mental remaja.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik breathing imagery terhadap tingkat kecemasan anak remaja korban bullying. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Sebanyak 20 responden dipilih melalui purposive sampling. Tingkat kecemasan diukur dengan kuesioner GAD-7. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan rata-rata skor kecemasan dari 14,15 sebelum intervensi menjadi 7,40 setelah intervensi, dengan nilai p=0,000 (p < 0,05).Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa teknik breathing imagery efektif menurunkan tingkat kecemasan pada remaja korban bullying. Intervensi ini dapat direkomendasikan sebagai terapi non-farmakologis yang mudah, murah, dan dapat dilakukan secara mandiri, sekaligus menjadi upaya preventif dan kuratif dalam menangani dampak psikologis bullying di kalangan remaja.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jmia

Publisher

Subject

Religion Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Social Sciences

Description

JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK (JMIA) , ISSN: (cetak), ISSN: (online) adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh CV. Kampus Akademik Publising . JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK merupakan platform publikasi jurnal Karya suatu hasil penelitian orisinil ...