Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi pemasaran media sosial Instagram terhadap brand awareness konsumen pada Kopi Ayani di Kota Pangkalpinang. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner kepada 150 responden yang merupakan pengikut akun Instagram @kopi_ayani. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 27 melalui uji validitas, reliabilitas, analisis deskriptif, regresi linier sederhana, uji t, dan uji ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh item instrumen dinyatakan valid dan reliabel. Rata-rata jawaban responden menunjukkan kecenderungan yang positif terhadap strategi pemasaran dan brand awareness Kopi Ayani. Hasil analisis regresi menunjukkan adanya pengaruh yang sangat kuat dan signifikan antara strategi pemasaran Instagram terhadap brand awareness dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,825 dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,681. Uji t dan ANOVA juga menunjukkan hasil yang signifikan (p < 0,001), menandakan bahwa strategi pemasaran Instagram secara parsial dan simultan berpengaruh positif terhadap brand awareness. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran Instagram yang dilakukan oleh Kopi Ayani efektif dalam meningkatkan brand awareness konsumen di Kota Pangkalpinang.
Copyrights © 2025