Penelitian ini menganalisis penguatan karakter mandiri melalui kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi penguatan karakter mandiri pada peserta didik melalui kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila kelas VII di SMP Negeri 13 Semarang, faktor pendorong dan faktor penghambat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, koordinator tim fasilitator kegiatan P5 dan peserta didik kelas VII. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Penguatan Karakter Mandiri Pada Peserta Didik Melalui Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema Suara Demokrasi kelas VII SMP Negeri 13 Semarang telah dilaksanakan dengan efektif dan terstruktur. Projek ini dirancang dengan fokus pada satu karakter dari profil pelajar Pancasila, yaitu karater mandiri. Dalam implementasi penguatan karakter peserta didik dilakukan melalui beberapa tahap sistematis yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Implementasi Projek dipengaruhi oleh faktor pendorong dan faktor penghambat. Untuk faktor pendorong meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi aspek bawaan dan kepribadian sedangkan faktor eksternal mencakup dukungan keluarga, guru/pendidik dan lingkungan sekitar. Sedangkan faktor penghambat adalah minimnya pemahaman mendalam tentang kurikulum dari pihak pendidik dan kurangnya pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran Kurikulum Merdeka.
Copyrights © 2025