Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi variabel-variabel kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, dam menganalisis strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan dalam meningkatkan volume penjualan pada Puri Food and Healthy. Jenis penelitian ini adalah dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneltian ini dilaksanakan 20 Juni-20 Agustus 2025. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan motode observasi, wawancara,kuesioner, dokumentasi,dan studi pustaka. Teknik analisis data analisis yang digunakan adalah analisis SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, dan Threats), matriks EFAS, matriks IFAS, Diagram SWOT, dan Matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan terbesar terletak pada Kualitas produk terjamin dengan bahan baku alami tanpa campuran kimia, sedangkan kelemahan terbesar perusahaan terletak pada Penjualan di E-Commerce belum optimal sebagai saluran distribusi. Peluang terbesar perusahaan terletak pada pasar minuman alami terus tumbuh karena kesadaran masyarakat terhadap gaya hidup sehat meningkat, sedangkan ancaman terbesar perusahaan terletak pada tren hidup sehat menarik pelaku usaha baru untuk masuk dengan produk yang sama atau sejenis. Hasil tabel matriks, nilai IFAS adalah 1.42 dan nilai EFAS adalah 0.59. Pada analisis tersebut menyatakan bahwa pada diaagram SWOT kuadran Puri Food and Healthy berada di kuadran I yang berarti strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan adalah strategi Agresif, yang dimana pertumbuhan berfokus pada pemanfaatan maksimal kekuatan internal dan peluang eksternal agar perusahaan dapat terus berkembang, dan menjadi kuat serta meraih peluang yang lebih besar untuk maju.
Copyrights © 2025