Lunggi Journal
Vol. 3 No. 3 (2025): Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner

STRATEGI GURU KELAS DALAM MENANAMKAN SIKAP RELIGIUS MELALUI SHOLAT DHUHA PADA SISWA KELAS IIA DI SDN 08 KARTIASA TAHUN PELAJARAN 2024-2025

Rahmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini berawal dari ditemukannya fenomena tentang pelaksanaan sholat dhuha yang diterapkan oleh guru kelas IIA di SDN 08 Kartiasa. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang: (1) perencanaan guru kelas dalam menanamkan sikap religius melalui sholat dhuha pada siswa kelas IIA di SDN 08 Kartiasa Tahun Pelajaran 2024-2025. (2) pelaksanaan guru kelas dalam menanamkan sikap religius melalui sholat dhuha pada siswa kelas IIA di SDN 08 Kartiasa Tahun Pelajaran 2024-2025. (3) bentuk evaluasi guru kelas dalam menanamkan sikap religius melalui sholat dhuha pada siswa kelas IIA di SDN 08 Kartiasa Tahun Pelajaran 2024-2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan dilakukan secara sistematis melalui perumusan tujuan yaitu pembentukan sikap religius, penjadwalan pelaksanaan sholat dhuha secara rutin pada pukul 08.30 setiap hari, serta penyediaan media dan sarana prasana ibadah untuk perlengkapan sholat. (2) Pada tahap pelaksanaan, guru menerapkan strategi yang efektif dan sesuai, yaitu strategi berbasis pengalaman dan aktivitas agar siswa terlibat langsung dalam praktik ibadah. Guru juga membiasakan siswa untuk melaksanakan sholat dhuha secara rutin dan konsisten waktu, serta memastikan setiap siswa mengikuti tahapan ibadah sesuai prosedur yang benar. Selain itu, guru secara aktif membimbing dan mengarahkan siswa selama kegiatan berlangsung untuk menjaga ketertiban dan kekhusyukan ibadah. Dalam proses ini, siswa menunjukkan keterlibatan dan keseriusan dalam melaksanakan sholat dhuha, yang tercermin dalam sikap disiplin, tanggung jawab, dan keikhlasan. (3) Evaluasi dilakukan secara formatif dan sumatif. Evaluasi formatif dilaksanakan setiap hari dengan memberikan arahan langsung dan penilaian melalui jurnal harian siswa, sedangkan evaluasi sumatif dilakukan setiap bulan untuk melihat konsistensi dan perkembangan sikap religius siswa berdasarkan rekap data pelaksanaan harian.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

lunggi

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

The scope of the articles published covers multidisciplinary knowledge groups, including educational knowledge groups such as Islamic Religious Education, Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Early Childhood Islamic Education, Tadris or Indonesian Language Education, Sharia Economic Law, ...