Efektivitas pembelajaran menjadi indikator penting dalam menilai keberhasilan proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil observasi dan dialog dengan Kepala Sekolah dan para guru, efektivitas pembelajaran di Kinderstation High School belum merata pada semua mata pelajaran. Guru masih menemui kendala-kendala di dalam kelas. Fenomena ini dapat dihubungkan dengan manajemen kelas, metode pembelajaran dan kompetensi sosial guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar kontribusi manajemen kelas, metode pembelajaran, dan kompetensi sosial guru terhadap efektivitas pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu 31 guru yang mengajar di Kinderstation High School. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dan dianalisa dengan software SmartPLS Versi 3. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Manajemen kelas berpengaruh positif namun tidak berkontribusi secara signifikan terhadap efektivitas pembelajaran; 2) Metode pembelajaran memiliki pengaruh positif dan berkontribusi secara signifikan terhadap efektivitas pembelajaran; 3) Kompetensi sosial guru berpengaruh positif, tetapi tidak berkontribusi secara signifikan terhadap efektivitas pembelajaran; 4) Secara simultan, manajemen kelas, metode pembelajaran dan kompetensi sosial guru berkontribusi secara signifikan terhadap efektivitas pembelajaran.
Copyrights © 2025