Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa dalam mendukung pengembangan pemasaran produk UMKM pemula melalui penerapan strategi komunikasi pemasaran dan digital branding. Kegiatan ini dirancang untuk menjawab tantangan UMKM pemula yang sering menghadapi keterbatasan dalam mengenalkan produk mereka kepada pasar yang lebih luas. Metode pelaksanaan program pelatihan ini menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD), pendekatan ini menekankan pada pemanfaatan aset dan potensi yang dimiliki oleh mahasiswa untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM mahasiswa. Pelaksanaan dalam pengabdian ini dilakukan melalui beberapa tahap yang meliputi teknik pelatihan dan program pendampingan, yaitu: 1. Pelatihan dan workshop, 2. Pembelajaran berbasis proyek, 3. Pengembangan strategi branding digital, 4. Pendampingan dan evaluasi program. Hasil Pelaksanaan PkM ini tidak hanya meningkatkan pemahaman peserta mengenai pemasaran digital, tetapi juga pembentukan Komunitas UMA (Usaha Mahasiswa) di UIN Sulthan Thaha Saifuddin, yang berfungsi sebagai platform kolaboratif untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam pemasaran dan branding digital, serta menyediakan mentoring dari pelaku UMKM yang berhasil, sehingga mendorong pertumbuhan kewirausahaan di kalangan mahasiswa. Hasil evaluasi menunjukkan tingginya kepuasan peserta terhadap kemampuan mereka dalam memanfaatkan teknologi, menyusun strategi pemasaran, dan memahami kebutuhan konsumen.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025