UMKM Jenang Kudus mempunyai potensi besar sebagai ikon kuliner Daerah yang dapat bersaing di pasar lokal maupun nasional. Namun, permasalahan yang dihadapi mitra adalah manajemen pemasaran, terutama pada aspek digital marketing, branding, dan inovasi promosi. Pemasaran sudah memanfaatkan media sosial dan platform e-commerce akan tetapi tidak berkembang secara optimal dikarenakan kurangnya strategi pemasaran dan pengambilan keputusan pemasaran yang tepat sasaran. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan efektivitas manajemen pemasaran digital mitra melalui penerapan strategi berbasis konsumen dan penguatan branding. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat terdiri dari sosialisasi, pelatihan, pendampingan, penerapan dan keberlanjutan. Hasil Pelatihan sosialisasi pemodalan, manajemen pemasaran dan pelatihan e-commerce berdampak positif bagi pengusaha Jenang Kudus. Para pengusaha UKM Jenang Kudus lebih memahami strategi pemasaran modern, memiliki akses informasi pembiayaan untuk mengembangkan usaha, serta mampu memanfaatkan marketplace dan media sosial guna memperluas pasar. Dampaknya, kapasitas produksi dan penjualan meningkat, serta Jenang Kudus lebih adaptif menghadapi persaingan di era digital.
Copyrights © 2025