E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 16, No 3 (2025): E-DIMAS

Manajemen Pemasaran Terkini untuk Meningkatkan Daya Saing Produk UKM Jenang Kudus

Risnawati, Heni (Unknown)
Gunawan, Budi (Unknown)
Fithri, Diana Laily (Unknown)
Rahmawati, Ratri (Unknown)
Budiman, Nita Adriyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

UMKM Jenang Kudus mempunyai potensi besar sebagai ikon kuliner Daerah yang dapat bersaing di pasar lokal maupun nasional. Namun, permasalahan yang dihadapi mitra adalah manajemen pemasaran, terutama pada aspek digital marketing, branding, dan inovasi promosi. Pemasaran sudah memanfaatkan media sosial dan platform e-commerce akan tetapi tidak berkembang secara optimal dikarenakan kurangnya strategi pemasaran dan pengambilan keputusan pemasaran yang tepat sasaran. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan efektivitas manajemen pemasaran digital mitra melalui penerapan strategi berbasis konsumen dan penguatan branding. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat terdiri dari sosialisasi, pelatihan, pendampingan, penerapan dan keberlanjutan. Hasil Pelatihan sosialisasi pemodalan, manajemen pemasaran dan pelatihan e-commerce berdampak positif bagi pengusaha Jenang Kudus. Para pengusaha UKM Jenang Kudus lebih memahami strategi pemasaran modern, memiliki akses informasi pembiayaan untuk mengembangkan usaha, serta mampu memanfaatkan marketplace dan media sosial guna memperluas pasar. Dampaknya, kapasitas produksi dan penjualan meningkat, serta Jenang Kudus lebih adaptif menghadapi persaingan di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

e-dimas

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat), dengan nomor ISSN 2087-3565 (cetak) dan ISSN 2528-5041 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Jurnal E-Dimas merupakan jurnal yang ...