Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kecemasan dan kinerja matematis siswa kelas VIII berubah setelah berpartisipasi dalam model pembelajaran kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dengan bantuan media Ludo. Melalui desain Posttest Only Control Group, metodologi penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Pendekatan yang dikenal sebagai cluster random sampling digunakan untuk memilih sampel, kelas VIII–10 sebagai kontrol dan kelas VIII–6 sebagai subjek eksperimen. Untuk memeriksa data, Uji normalitas, Uji homogenitas, dan uji-t Sampel Independen dilakukan. Menurut temuan, variabel yang terkait dengan kecemasan matematis menghasilkan nilai signifikansi 0,024, yang lebih rendah dari batas statistik 0,05. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kecemasan dan kinerja matematis siswa kelas VIII berubah sebagai hasil dari partisipasi mereka dalam model pembelajaran kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT), yang dilaksanakan dengan bantuan media Ludo, telah terbukti berhasil menurunkan tingkat kecemasan siswa SMP dalam hal matematika dan meningkatkan hasil belajar. ABSTRACT The purpose of this study was to determine how the anxiety and mathematical performance of eighth-grade students changed after participating in a cooperative learning model of the Team Games Tournament (TGT) type with the help of Ludo media. Through a Posttest Only Control Group design, the research methodology used was quantitative. An approach known as cluster random sampling was used to select the sample, classes VIII–10 as the control and classes VIII–6 as the experimental subjects. For data testing, a Normality Test, Homogeneity Test, and Independent Sample t-test were carried out. According to the findings, variables related to mathematical anxiety produced a significance value of 0.024, which is lower than the statistical limit of 0.05. This study was conducted with the aim of determining how the anxiety and mathematical performance of eighth-grade students changed as a result of their participation in a cooperative learning model Tipe Team Games Tournament (TGT), which was implemented with the help of Ludo media, has been proven to be successful in reducing the level of anxiety of junior high school students in terms of mathematics and improving learning outcomes.
Copyrights © 2025