Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 4 (2025): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA MATERI TABUNG UNTUK SISWA KELAS IX

Ramadhani, Muhammad Daffa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran menggunakan video animasi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX MTS Asy-Syiar yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket untuk melihat kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran matematika berbasis video animasi dan tes untuk melihat hasil belajar siswa untuk melihat keefektifan media pembelajaran. Hasil validasi ahli media diperoleh rata-rata sebesar 82% dengan kategori tinggi. Hasil validasi ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 92% dengan kategori tinggi. Hasil validasi ahli bahasa diperoleh rata-rata sebesar 86% dengan kategori tinggi. Hasil kepraktisan dari media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan respon guru sebesar 91%. Hasil kepraktisan dari media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan respon peserta didik sebesar 71%. Hasil uji coba diperluas diperoleh rata-rata sebesar 56% dengan kriteria cukup efektif. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa, Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Animasi Pada Materi Tabung Untuk Siswa Kelas IX MTS Asy-Syiar cukup efektif dan dapat dipergunakan sebagai salah satu media belajar. ABSTRACT This study aims to examine the validity, practicality, and effectiveness of learning media using animation videos. This study employs the ADDIE development model, which includes analysis, design, development, implementation, and evaluation. The subjects of this research are 30 students from class IX of MTS Asy-Syiar. The instruments used in this study include questionnaires to assess the validity and practicality of the animated video-based mathematics learning media, and tests to evaluate student learning outcomes to assess the effectiveness of the learning media. The results of media expert validation averaged 82%, categorized as high. The results of material expert validation averaged 92%, categorized as high. The results of language expert validation averaged 86%, categorized as high. The practicality results of the developed learning media based on teacher responses reached 91%. The practicality results based on student responses reached 71%. The results from the expanded trial resulted in an average of 56%, categorized as quite effective. These research findings prove that the Video Animation-Based Mathematics Learning Media on the Cylinder Material for IX Grade Students of MTS Asy-Syiar is quite effective and can be used as one of the learning media.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

relevan

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, diterbitkan oleh Yayasan Amanah Nur Aman. Diterbitkan setiap bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian dan studi literatur yang berkaitan dengan bidang pendidikan matematika. Jurnal ini menyambut hangat ...