Al-I´lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Vol 9, No 1 (2025): September 2025

A Virtual Etnography of Male K-Drama Fans on the Social Media X Account @kdrama_menfess

Sa’diah, Anisa’ Fadilatus (Unknown)
Dharma, Ferry Adhi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi motif-motif laki-laki pecinta K-drama dalam menggunakan media yaitu akun @kdrama_menfess untuk mengikuti tren yang berkembang tentang K-drama dalam perspektif teori Uses and Gratification yang membagi empat indikator kebutuhan menggunakan media, yaitu diversion (pengalihan), personal relationship (kebutuhan integrasi sosial), personality identity (kebutuhan identitas pribadi), dan surveillance (pengawasan). Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini ialah kualitatif dengan pendekatan etnografi virtual. Penelitian ini mengambil lima informan laki-laki dengan memiliki rentang usia 19 hingga 25 tahun. Teknik pengumpulan data yang akan dilakukan pada penelitian ini yaitu observasi dan wawancara melalui online. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification yang dikemukakan oleh Elihu Katz didefinisikan bahwa individu secara aktif mencari media dan konten tertentu untuk mencapai kepuasan atau hasil tertentu. Hasil temuan ini secara keseluruhan, dari keempat motif utama yang diidentifikasi berdasarkan teori Uses and Gratification, motif diversion atau pengalihan merupakan motif yang paling dominan di antara kelima informan laki-laki pecinta K-drama. Bagi mereka, K-drama bukan sekadar hiburan, tetapi juga media untuk melepas penat, mengisi waktu luang, dan mengurangi kesepian terutama saat jauh dari rumah. Lebih dari itu, K-drama berperan sebagai sarana psikologis yang membantu mengatasi stres diwaktu penat. Abstract: This study aims to explore the motives of male K-drama lovers in using media, focusing on the @kdrama_menfess account and the growing trend of K-drama. The research uses the Uses and Gratification theory, which divides media use needs into diversion, personal relationship, personality identity, and surveillance. The method used is qualitative with a virtual ethnographic approach. Five male informants aged 19 to 25 years participated in the study. Data was collected using online observation and interviews. Uses and Gratifications theory, proposed by Elihu Katz, states that individuals actively seek specific media and content to achieve certain satisfaction or outcomes. The findings show that, among the four main motives identified, diversion is the most dominant for the five male informants who enjoy K-dramas. For them, Korean dramas provide entertainment, a way to relax, fill leisure time, and alleviate loneliness, especially when far from home. Additionally, Korean dramas help them cope with stress during difficult times by serving as a psychological tool. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jail

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Komunikasi dan Dakwah merupakan isu yang saban hari semakin "panas". Komunikasi selalu menjadi panas karena isu-isu besar hari-hari ini muncul karena ulah. Komunikasi baik media, komunikator maupun konten komunikasi itu sendiri. Manakala dakwah merupakan "program agama" yang tidak mungkin lepas dari ...