Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI)
Vol. 5 No. 2 (2025): September

Mengapa Ibu Rumah Tangga Boikot Produk Mengungkap Faktor-faktor Pemicunya

Permatasari, Raden Willa (Unknown)
Yulianto, Tri (Unknown)
Aca, Rukman (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan boikot produk di kalangan ibu rumah tangga. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan wawancara mendalam terhadap 15 ibu rumah tangga yang berusia antara 25 hingga 50 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman pribadi, nilai dan keyakinan, kualitas produk, dampak lingkungan dan sosial, serta pengaruh keluarga dan teman merupakan faktor utama yang mempengaruhi keputusan boikot. Selain itu, media sosial berperan penting sebagai sumber informasi yang meningkatkan kesadaran tentang isu-isu sosial dan politik. Temuan ini memberikan wawasan yang berharga bagi pemangku kepentingan dalam memahami perilaku konsumen dan merancang strategi yang lebih efektif dalam merespons isu-isu sosial yang kompleks.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jebi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Focus Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI) is a peer-reviewed journal that aims to advance islamic economies in emerging markets, namely economies in emerging countries and economies in emerging areas in developed countries. Scope The scope of Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBI)  are but ...