J-CEKI
Vol. 4 No. 6: Oktober 2025

Pengaruh Gaya Hidup Komsutif Mahasiswa Unimed Program Studi Statistika 2024 Dalam Penggunaan Skincare

Tia Ramadani (Unknown)
Aulia Putri Br. Manurung (Unknown)
Risa Rozzaqi Rambe (Unknown)
Cahaya Destia Regar (Unknown)
Putri Maulidina Fadilah (Unknown)
Sudianto Manullang (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup konsumtif terhadap penggunaan skincare pada mahasiswa Program Studi Statistika angkatan 2024 Universitas Negeri Medan. Penggunaan skincare telah menjadi bagian penting dari gaya hidup modern, khususnya di kalangan mahasiswa yang mulai sadar akan pentingnya penampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup konsumtif terhadap penggunaan skincare pada mahasiswa Program Studi Statistika angkatan 2024 Universitas Negeri Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik simple random sampling terhadap 68 responden. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner skala Likert, dan data dianalisis menggunakan SPSS dengan uji validitas, reliabilitas, linearitas, korelasi Pearson, dan regresi linear sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh item kuesioner valid dan reliabel, dengan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,916. Uji linearitas menunjukkan hubungan linear yang signifikan antara gaya hidup konsumtif dan penggunaan skincare (F = 99,263; Sig. < 0,001). Uji korelasi Pearson menghasilkan nilai r = 0,775 yang menunjukkan hubungan kuat dan signifikan. Analisis regresi menunjukkan bahwa gaya hidup konsumtif berpengaruh signifikan terhadap penggunaan skincare dengan nilai R² sebesar 0,601, yang berarti 60,1% variasi penggunaan skincare dijelaskan oleh gaya hidup konsumtif.Hasil ini menunjukkan bahwa semakin tinggi gaya hidup konsumtif mahasiswa, maka semakin tinggi pula kecenderungan penggunaan skincare sebagai bagian dari gaya hidup mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...