Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas bimbingan manasik terhadap Kepuasan Jamaah Umroh pada PT. Bahana Sukses Sejahtera (BST) Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 70 sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah umrah, artinya semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan oleh PT. Bahana Sukses Sejahtera (BST), seperti keramahan petugas, kecepatan pelayanan, dan keakuratan informasi, maka tingkat kepuasan jamaah umrah akan semakin tinggi, 2) Variabel kualitas bimbingan berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah umrah, artinya semakin baik pelaksanaan bimbingan manasik, baik dari segi materi yang disampaikan, metode penyampaian, maupun kesiapan pembimbing, maka jamaah akan merasa lebih siap dan puas dalam menjalankan ibadah umrah, 3) Variabel keualitas pelayanan dan kualitas bimbingan manasik berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah umrah secara bersama-sama.
Copyrights © 2025