Jurnal Citrakara
Vol. 7 No. 3 (2025): SEPTEMBER 2025

PERANCANGAN IKLAN KOMERSIAL PRODUK KERAJINAN KOMUNITAS CIKIDUL ECENG GONDOK UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN

Ramadhanti, Putri Nurlaila (Unknown)
Hasyim, Noor (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2025

Abstract

Komunitas Cikidul Eceng Gondok didirikan oleh kelompok masyarakat Tuntang pada tahun 2019 memanfaatkan melimpahnya hasil panen eceng gondok menjadi produk bernilai jual. Rendahnya pendapatan bulanan komunitas Cikidul Eceng Gondok yang belum mencapai target menjadi permasalahan utama sehingga mereka memerlukan rancangan iklan komersial. Penelitian untuk perancangan iklan komersial ini dilakukan dengan metode kualitataif melalui wawancara, observasi, dan studi literatur. Metode analisis menggunakan SWOT dan metode perancangan Five Steps of Design` menurut Robin Landa. Media utama yang digunakan adalah Instagram, dalam bentuk konten feed dan story, didukung oleh media cetak seperti banner, poster, katalog, dan brosur.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

citrakara

Publisher

Subject

Arts

Description

Jurnal Citrakara adalah media publikasi mahasiswa program studi Desain Komunikasi Visual Universitas Dian Nuswantoro yang menyuarakan hasil pemikiran yang berupa perancangan atau pengkajian di bidang advertising, desain grafis, fotografi, audio visual, multimedia, animasi, dan game design. Jurnal ...