Taman kanak-kanak menjadi wadah pendidikan yang paling penting bagi anak usia dini. Lingkungan menjadi salah satu faktor penting yang memengaruhi kegiatan belajar mengajar salah satunya yaitu faktor kebisingan. TK PKK 98 Giriloyo menjadi salah satu sarana pendidikan anak usia dini yang mengalami permasalahan terkait kebisingan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan desain penataan ruang kelas dan pemilihan material akustik yang efektif dalam ruang kelas untuk merespon kebisingan baik dari dalam maupun luar ruangan. Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan RBD (Research Based Design) yang berfokus pada proses sistematis untuk menciptakan, mengembangkan, dan menguji desain yang dirancang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi terhadap faktor - faktor penyebab kebisingan pada site dan wawancara mengenai skala kenyamanan pengguna. Penulis membuat 2 alternatif desain sebagai solusi permasalahan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa desain alternatif 1 dan alternatif 2 sudah memenuhi kriteria standar kebisingan ruang kelas. Desain alternatif 1 menghasilkan penurunan kebisingan sebesar 43,25% dan alternatif 2 sebesar 56,75%. Desain alternatif 2 menghasilkan desain penataan ruang serta pemilihan penggunaan material akustik yang optimal, sehingga menghasilkan desain final yang efektif dalam merespons kebisingan pada ruang kelas gedung baru TK PKK 98 Giriloyo.
Copyrights © 2025