Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh infrastruktur (X1) dan promosi (X2) terhadap minat wisatawan (Y). Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel infrastruktur dan promosi secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap minat wisatawan. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa semua item instrumen dinyatakan valid dengan nilai koefisien Cronbach Alpha untuk variabel infrastruktur sebesar 0,952 dan variabel promosi sebesar 0,945, yang berarti keduanya sangat reliabel. Hasil analisis regresi menunjukkan nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,678, yang mengindikasikan bahwa 67,8% perubahan minat wisatawan dipengaruhi oleh infrastruktur dan promosi, sedangkan sisanya 32,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menyarankan pengelola objek wisata Air Terjun Siata Mauhalek untuk meningkatkan kualitas infrastruktur, seperti akses jalan dan fasilitas penunjang wisata, serta memperluas cakupan promosi melalui media sosial dan media massa untuk menarik lebih banyak wisatawan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025