Daya pakai gadget pada anak-anak sangat tinggi sehingga membutuhkan alternatif pemanfaatan pada hal-hal yang lebih produktif. Disisi lain, ditemukan bahwa proses pembelajaran di TK-TP Al-Quran desa Balassuka masih menggunakan bahan ajar konvensional sehingga kurang menarik minat belajar santri dimana pemahaman pada materi makhorijul huruf masih sangat kecil. Maka, tim KKN menawarkan solusi berupa Pelatihan Guru Mengaji: Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Makhorijul Huruf dengan Teknologi QR Code berbasis Website dalam Kegiatan Belajar Mengajar Taman Pendidikan Al-Quran. Secara umum, program dilaksanakan pada dua tahapan yaitu pelatihan guru TK-TP Al-Quran se-desa Balassuka dan pengujian bahan ajar di salah satu TK-TP Al-Quran dengan dilakukan pre-test, pemberian materi, dan, post-test. Berdasarkan hasil pengujian secara statistik dengan t-test (0,009 < 0,05 ; 0,000 < 0,05) diperoleh bahwa bahan ajar yang digunakan efektif meningkatkan pemahaman materi makhorijul huruf dan kemampuan bacaan santri.
Copyrights © 2025