JRIIN :Jurnal Riset Informatika dan Inovasi
Vol 3 No 7 (2025): JRIIN : Jurnal Riset Informatika dan Inovasi (INPRESS)

Analytical Hierarchy (AHP) dalam Sistem Pendukung Keputusan Ujian Kenaikan Sabuk Pencak Silat Gending Jagad Buana

Ermanto, Adryan (Unknown)
Dhika, Harry (Unknown)
Arip, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2025

Abstract

Sistem Penilaian Pengujian sangat penting dalam proses menjalankan tugas akhir uji coba. hasil ujian, peringkat nilai peserta ujian, dan hal lain yang meliputi jalan-nya ujian kenaikan tingkat sabuk dari awal hingga akhir. Studi ini memanfaatkan metode AHP pada pencak silat Gending Jagad Buana dalam proses UKT menjadi lebih efektif dan efisien. Bobot dari setiap kriteria ditentukan berdasarkan prioritas objek dengan elternatif-alternatif di efaluasi. Dengan menggunakan AHP Gending Jagad buana dapat membuat perhitungan ujian kenaikan tingkat menjadi lebih objektif, efisien dan terstruktur dan meningkatkan transparansi. Kesimpulan nya pemanfaatan AHP oleh Gending Jagad Buana dalam sistem pendukung Keputusan, Perkembangan sistem penunjang keputusan pada saat sekarang ini sudah banyak membantu dalam pengambilan sebuah keputusan. Sistem ini digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalamsituasi semi terstruktur dan situasi yang tidak terstruktur, di mana tak seorang pun tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat. untuk ujian kenaikan tingkat sabuk dapat membatu meningkatkan efisiensi waktu yang dibutuhkan dalam melakukan penilaian ujian sehingga waktu yang diperlukan untuk penghitungan tidak terlalu memakan banyak waktu juga nilai yang di berikan objektif dan transparan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jriin

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

1. Komputasi Lunak, 2. Sistem Cerdas Terdistribusi, Manajemen Basis Data, dan Pengambilan Informasi, 3. Komputasi evolusioner dan komputasi DNA/seluler/molekuler, 4. Deteksi kesalahan, 5. Sistem Energi Hijau dan Terbarukan, 6. Antarmuka Manusia, 7. Interaksi Manusia-Komputer, 8. Hibrida dan ...