Rumah makan berupa UMKM di sektor F&Bmemiliki tantangan dalam mempertahankan daya saingnya.Mbok Galak mengalami penurunan penjualan akibat tidakadanya strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untukmengelompokan menu dan hubungan antar menumenggunakan algoritma K-Means yang bekerja denganmengelompokan menu berdasarkan kesamaan polapenjualannya dan FP-Growth dengan melihat kecenderungandan hubungan dari menu, guna menghasilkan rekomendasistrategi pemasaran. Data penjualan selama 1 tahun dianalisismenggunakan K-Means dengan pendekatan Dynamic TimeWarping untuk menghitung matriks jarak agar pola trenpenjualan dari data dapat dianalisis dan MultidimensionalScaling untuk mengubah matriks jarak DTW ke bentuk yangbisa diolah algoritma K-Means. Data transaksi pelanggansebanyak 641 transaksi dianalisis menggunakan algoritma FPGrowth untuk menemukan aturan asosiasi antar menu.Pengolahan data dilakukan dengan bantuan MATLAB danRapidMiner. Hasil clustering membagi menu ke dalam 5 klasterberdasarkan tren dan tingkat penjualan dengan melihatkarakteristik menu berdasarkan jenis menunya, rata-ratakeuntungan, rata-rata transaksi, dan fluktuasi transaksi. HasilFP-Growth berupa kombinasi menu yang sering dibelibersamaan, terdapat sebanyak 16 aturan asosiasi yangterbentuk dengan menggunakan threshold minimum support 0.7dan minimum confidence 0.9, serta nilai lift ratio ≥ 1.Berdasarkan hasil analisis, disusun strategi pemasaran berupabundling dan promo untuk membantu meningkatkan dayasaing Mbok Galak.Kata kunci— strategi pemasaran, K-Means, FP-Growth,clustering, market basket analysis, rumah makan.
Copyrights © 2025