eCo-Fin
Vol. 7 No. 3 (2025): eCo-Fin

Pengaruh Strategi Digital Marketing Instagram, Brand Awarness Terhadap Repeat Order Jasa MUA, Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Mahasiswi FEB UNISSULA)

Romadhoni, Nurul Aina (Unknown)
Nugroho, Marno (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh strategi Digital Marketing Instagram dan Brand Awareness terhadap Repeat Order jasa Makeup Artist dengan Kepuasan Pelanggan sebagai variabel intervening pada mahasiswi FEB UNISSULA. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksplanatori dengan teknik purposive sampling. Populasi penelitian adalah 187 mahasiswi program studi Manajemen dan Akuntansi angkatan 2021 yang pernah menggunakan jasa Makeup Artist minimal satu kali. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Digital Marketing Instagram dan Brand Awareness berpengaruh positif signifikan terhadap Repeat Order, Secara konseptual dan empiris, pengaruh konstruk eksogen terhadap Repeat Order terwujud baik melalui jalur langsung maupun melalui mekanisme mediasi yang dimediasi oleh konstruk intervening Kepuasan Pelanggan. Variabel Kepuasan Pelanggan secara signifikan berperan sebagai mediator yang menyublimasi dan mengkonkretkan hubungan kausal antara kedua variabel independen dengan perilaku Repeat Order, yang terverifikasi melalui estimasi parameter statistik yang mendukung validitas mediasi dalam model struktural komprehensif ini. Temuan ini mengindikasikan pentingnya optimalisasi pemasaran digital berbasis visual dan penguatan kesadaran merek untuk meningkatkan loyalitas pelanggan pada jasa Makeup Artist secara berkelanjutan. Penelitian ini menjadi sumbangan konseptual dan aplikatif yang signifikan dalam rangka pengembangan paradigmatik serta operationalisasi strategi pemasaran digital yang terintegrasi dan inovatif pada sektor industri jasa kreatif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ef

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Focusing on the development of economics, especially finance & accounting, both scientific and practical reviews, is expected to be a scientific medium for the creation of integration between theoretical studies and practical studies for the development of economics in various social aspects. ...