Pemerintah Desa Bantal merupakan pemerintah desa di wilayah Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, yang menghadapi tantangan dalam pengelolaan pengaduan masyarakat akibat sistem manual yang tidak terorganisir. Sehingga hal tersebut berdampak pada pengelolaan pelayanan publik. Dimana dalam melakukan pengaduan, masyarakat kesulitan menyampaikan pengaduan tersebut dan tidak ada tindak lanjut yang cepat karena disebabkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi, maka dirancang dan dibangun sistem informasi pengaduan masyarakat berbasis website, sehingga mampu meningkatkan efisiensi pelayanan publik. Waterfall adalah pendekatan yang digunakan untuk pengembangan sistem, yang meliputi analisis kebutuhan, desain, implementasi, dan pengujian. Hasilnya adalah sistem berbasis web yang memungkinkan masyarakat untuk menyampaikan pengaduan secara daring, melacak status pengaduan, dan menerima tanggapan langsung dari pemerintah desa, sehingga mampu meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan efisiensi dalam pengelolaan pengaduan masyarakat
Copyrights © 2025