ECONOMIST: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol. 2 No. 4 (2025): Oktober 2025

PENGARUH EKUITAS MEREK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK IPHONE DI KOTA MATARAM

Syarif, Rian Ahmad (Unknown)
Dethan, Stevany Hanalyna (Unknown)
Jati, L. Jatmiko (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2025

Abstract

Perkembangan industri telekomunikasi, khususnya tekologi mobile semakin pesat Salah satu contoh fasilitas canggih saat ini adalah gadget. Pada awal kemunculannya, gadget hanya dimiliki oleh kalangan tertentu yang benar-benar membutuhkannya demi kelancaran pekerjaan. Sekarang gadget merupakan gaya hidup, trend dan juga prestige. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk iPhone di Kota Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian kausal untuk mengkaji hubungan sebab akibat. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh masyarakat yang pernah atau sedang menggunakan iPhone di Kota Mataram dengan jumlah sampel sebanyak 150 responden yang datanya diolah dengan menggunakan software SPSS 20 untuk melakukan uji statistik. Hasil penelitian menemukan terdapat pengaruh positif dan signifikan oleh variabel ekuitas merek dan promosi terhadap keputusan pembelian produk iPhone di Kota Mataram.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

economist

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

ECONOMIST: Jurnal Ekonomi dan Bisnis bertujuan untuk menerbitkan penelitian berkualitas tinggi di bidang ekonomi dan studi bisnis. Jurnal ini berfungsi sebagai platform bagi akademisi, peneliti, praktisi, dan mahasiswa untuk bertukar ide dan temuan yang berkontribusi pada kemajuan pengetahuan dalam ...