Terhitung pada tahun 2022, terdapat banyak hotel yang memanfaatkan media internet sebagai sarana untuk memberikan informasi mengenai fasilitas dan pelayanan yang dimiliki, serta untuk memasarkan produknya. Perkembangan teknologi berbasis internet telah semakin maju dan memudahkan masyarakat untuk mencari informasi mengenai hotel serta melakukan pemesanan kamar secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan dalam melakukan pemesanan kamar secara online. Penelitian ini dilakukan di Hotel Quest Tuban Kuta By Aston, yang berlokasi di Jalan Kediri No. 9, Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 40 responden. Berdasarkan pembahasan dengan metode PCA (Principal Component Analysis), ditemukan tiga faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan dalam melakukan pemesanan kamar secara online di Quest Hotel Tuban Bali. Ketiga faktor tersebut menjelaskan semua varian yang ada di dalam data, yaitu sebesar 75,15 persen, dan sisanya sebesar 24,85 persen dipengaruhi oleh faktor yang tidak dimasukkan dalam penelitian. Adapun saran dari hasil penelitian ini adalah pihak Quest Hotel Tuban Bali dapat memberikan harga sesuai dengan daya beli konsumen sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dalam melakukan pemesanan kamar secara online di Quest Hotel. According to data from 2022, many hotels use the internet as a medium to provide information about their facilities and to market their products. The development of internet-based technology has become increasingly advanced, making it easier for people to find information about hotels and to engage in online room bookings. This study aims to determine the factors that influence customer satisfaction when booking rooms online. The research was conducted at Hotel Quest Tuban Kuta by Aston, which is located at Jl. Kediri No. 9, Tuban, Kuta, Badung Regency, Bali. The sample size consisted of 40 respondents. Based on the discussion using the PCA (Principal Component Analysis) method, it was found that there are three factors influencing customer satisfaction in making online room reservations at Quest Hotel Tuban Bali. These three factors explain all the variances in the data, which amount to 75.15 percent, while the remaining 24.85 percent are influenced by factors not included in the study. The recommendation from this study is that Quest Hotel Tuban Bali should adjust their pricing according to consumer purchasing power to increase customer satisfaction in booking rooms online at Quest Hotel.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024