Pelayanan merupakan suatu hal yang tidak terpisahkan dari penyelenggaraan pemerintahan, dan pelayanan publik merupakan bentuk nyata pemerintahan dalam melayani masyarakat, oleh sebab itu pemerintahan harus melakukan pelayanan secara optimal dan maksimal agar menghasilkan pelayanan publik yang efektif dan efesien. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pelayanan publik pada kantor Desa Suriyan Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong. Penelitian ini menggunakan motode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskritif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini terdapat 5 orang yang menjadi informan. Teknik analisa data yaitu Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas pelayan publik pada Kantor Desa Suriyan dikategorikan efektif. Kata Kunci : Efektivitas, Pelayanan Publik, Desa
Copyrights © 2025