Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengulas proses serta upaya pemenuhan sparepart kapal dan sinkronisasi file menggunakan aplikasi Shipmanager DNV di PT Pertamina International Shipping. Sebagai perusahaan ship owner, PT Pertamina International Shipping berupaya dalam meningkatkan bisnisnya melalui pengelolaan kapal yang baik dan efisien, salah satunya dengan pengadaan sparepart bagi kapal-kapalnya. Dengan pendekatan kualitatif, serta teknik analisis data menggunakan triangulasi data dan teori analisis Miles, Hubernan, dan Saldana. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa proses pemenuhan sparepart dimulai dengan membuat permintaan kebutuhan sparepart oleh pihak kapal, persetujuan pembelian, pemilihan supplier, dan pengiriman serta penerimaan barang di kapal. Sedangkan proses sinkronisasi file melalui tahapan yaitu login aplikasi Shipmanager DNV, ekspor file O, extract file ke bentuk excel kemudian pivotable untuk melihat data delay kapal, dan melakukan transfer file O dan file B dengan mengakses PC kapal yang bersangkutan. Dari proses tersebut apabila terjadi kendala maka upaya yang dilakukan yaitu berupa transfer file dengan Google Drive apabila aplikasi Shipmanager DNV terhambat serta melakukan komunikasi lanjutan atau koordinasi antar pihak yang bersangkutan yaitu pihak kapal dan pihak kantor. Namun penggunaan aplikasi shipmanager dnv dapat meningkatkan efisiensi pemenuhan sparepart kapal dan sinkronisasi file, walaupun terdapat hambatan dalam prosesnya. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan infrastruktur jaringan dan koordinasi antar pihak yang terlibat. Penelitian diharapkan mampu menjadi acuan dalam efisiensi pengelolaan kapal dalam hal pemenuhan sparepart berbasis digital bagi perusahaan pelayaran.
Copyrights © 2025