Penelitian ini Memiliki tujuan untuk menganalisis tipe kepemimpinan yang digunakan oleh Ketua OSIS di Sekolah X Kota Medan dan pengaruhnya terhadap kinerja anggota OSIS. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi deskriptif, meliputi wawancara, observasi, dan penyebaran kuesioner kepada anggota OSIS yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ketua OSIS di sekolah tersebut menggunakan tipe kepemimpinan non-pribadi yang cenderung bersifat otoriter dan terbatas dalam interaksi langsung dengan anggota. Dampaknya, golongan anggota merasa ketua belum mampu menjadi pemimpin yang efektif karena kurangnya komunikasi langsung dan motivasi. Oleh karena itu, pemilihan tipe kepemimpinan yang lebih demokratis diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan kinerja anggota OSIS. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan teori kepemimpinan organisasi sekolah dan memberikan rekomendasi untuk melakukan praktik kepemimpinan yang lebih inklusif dan partisipatif di lingkungan pendidikan.
Copyrights © 2025