Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model scaffolding terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Jayanugraha pada materi perkalian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Jayanugraha. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Jayanugraha yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik sampel jenuh atau total sampling. Teknik sampel jenuh adalah teknik pengambilan data dimana semua anggota poupulasi dijadikan sampel. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis pembahasan, data dalam penelitian ini berdistribusi normal dan homogen dengan taraf signifikansi normalitas data 0,089 0,05, dan taraf signifikansi homogenitas data yaitu 0,843 0,05. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Paired t-test (uji-t). Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut diperoleh nilai signifikansi hasil belajar 0,00 0,05. Maka dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya model scaffolding berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Jayanugraha pada materi perkalian.
Copyrights © 2025