Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran tematik di Sekolah Dasar (SD) di Indonesia. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan informan menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran tematik di Sekolah Dasar di Indonesia telah dilaksanakan secara bervariasi, tergantung pada kesiapan guru, ketersediaan sumber daya, dan dukungan lingkungan sekolah. Sebagian besar guru menyatakan bahwa pendekatan tematik memudahkan integrasi materi pelajaran dan meningkatkan motivasi belajar siswa, karena kegiatan pembelajaran menjadi lebih kontekstual dan menyenangkan. Pengamatan di kelas menunjukkan bahwa pembelajaran tematik yang dirancang dengan baik mampu mendorong keaktifan siswa dalam berdiskusi, bekerja sama, dan menyelesaikan tugas secara kreatif dan berjalan dengan optimal dan bersifat positif.
Copyrights © 2025