QISTINA: Jurnal Multidisiplin Indonesia
Vol 4, No 1 (2025): June 2025

Penerapan Pembelajaran Tematik SD di Indonesia

Alisya, Alisya (Unknown)
Mustika, Dea (Unknown)
Zalianti, Lutfi Silfia (Unknown)
Habibah, Rabiatun (Unknown)
Fatimah, Siti (Unknown)
Amanda, Zakiya Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran tematik di Sekolah Dasar (SD) di Indonesia. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan informan menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran tematik di Sekolah Dasar di Indonesia telah dilaksanakan secara bervariasi, tergantung pada kesiapan guru, ketersediaan sumber daya, dan dukungan lingkungan sekolah. Sebagian besar guru menyatakan bahwa pendekatan tematik memudahkan integrasi materi pelajaran dan meningkatkan motivasi belajar siswa, karena kegiatan pembelajaran menjadi lebih kontekstual dan menyenangkan. Pengamatan di kelas menunjukkan bahwa pembelajaran tematik yang dirancang dengan baik mampu mendorong keaktifan siswa dalam berdiskusi, bekerja sama, dan menyelesaikan tugas secara kreatif dan berjalan dengan optimal dan bersifat positif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

qistina

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Nursing

Description

QISTINA: Jurnal Multidisiplin Indonesia is a journal that publishes Focus & Scope research articles, which include: 1. Humanities and social sciences 2. Contemporary political science 3. Education science 4. Religion and philosophy 5. engineering science 6. Business and economy 7. cooperative 8. ...