Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand trust, brand experience, dan satisfaction terhadap customer loyalty pada platform e-commerce Shopee. Fenomena meningkatnya aktivitas belanja online di kalangan mahasiswa, khususnya pengguna Shopee, menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif asosiatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 83 responden yang merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang yang aktif menggunakan Shopee. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan skala Likert. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda melalui aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial brand trust, brand experience, dan satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty. Secara simultan, ketiga variabel tersebut juga menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Temuan ini menegaskan bahwa untuk meningkatkan loyalitas pelanggan di platform e-commerce, perusahaan perlu memperkuat kepercayaan merek, memberikan pengalaman merek yang menyenangkan, dan menjaga kepuasan pelanggan secara konsisten.
Copyrights © 2025