Matematika memiliki peran strategis dalam membentuk kemampuan berpikir logis, analitis, dan pemecahan masalah. Namun, pembelajaran matematika, khususnya materi aritmatika sosial, masih menghadapi kendala seperti rendahnya minat belajar, dan kurangnya inovasi dalam penyajian bahan ajar. Di era digital saat ini, pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran menjadi suatu keharusan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan e-modul serta mendeskripsikan kelayakan hasil pengembangan e-modul aritmatika sosial berbasis PMRI di madrasah tsanawiyah. Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengikuti tahapan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Lokasi penelitian di MTsN 2 Aceh Besar, dengan melibatkan 32 siswa di kelas VII sebagai subjek penelitian. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, lembar kepraktisan oleh guru dan lembar kepraktisan oleh siswa. Hasil dari penelitian ini berupa E-modul Berbasis PMRI pada Materi Aritmatika Sosial di MTs. Hasil kevalidan dari segi isi materi menunjukkan tingkat persentase sebesar 89,5% dengan kategori “sangat valid”, sedangkan kevalidan dari segi media menunjukkan tingkat persentase sebesar 92,2% dengan kategori “sangat valid”. Hasil uji kepraktisan oleh guru terhadap e-modul menunjukkan tanggapan tingkat persentase sebesar 94,7% yang “sangat praktis”, begitu juga hasil uji kepraktisan oleh siswa menunjukkan tingkat persentase sebesar 92,3% yang “sangat praktis”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis PMRI pada materi aritmatika sosial di MTs yang telah dikembangkan dinilai memenuhi kriteria valid dan praktis digunakan sebagai bahan ajar interaktif dengan pemanfaatan IT dalam pembelajaran.
Copyrights © 2025