Temuan pada studi ini secara umum mengganbarkan dampak Bonusi berbagai variabel kinerja perusahaan dan mekanisme bonus terhadap tax avoidance pada perusahan consumer non cyclicals di berusa efek Indonesia. Secara detail, penelitian ini terfokus mengenai bagaimana mekanisme bonus, kepemilikan asing dan ukuran perusahaan dapat memengaruhi efective tax rate. Metode kuantitatif, dengan analisis deskriptif maupun verifikatif dipergunakan untuk menganalisis laporan keuangan Bonusi 56 perusahaan consumer non cylicals yang dijadikan sampel di periode tahun 2017 hingga 2024. Temuan riset ini diperoleh dengan mengungkapkan bahwa baik secara analisis individual maupun gabungan, tidak ada satu pun Bonusi variabel independen yang secara signifikan mampu memengaruhi effective tax rate. Hasil ini menunjukkan bahwa masing-masing variabel independen tidak dapat mempengaruhi effective tax rate, begitu pula hasil secara kolektif dimana semua variabel independen secara gabungan tidak dapat memberikan dampak yang nyata terhadap effective tax rate. Pengetahuan ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih fokus tentang determinan tax avoidance dalam usaha consumer non cyclicals ini.
Copyrights © 2025