Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh struktur kepemilikan institusional dan ukran perusahaan terhadap nilai perusahaan subsektor kosmetik dan produk rumah tangga yang terdaftar di BEI tahun 2017 hingga 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif asosiatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode pustaka dan dokumentasi laporan perusahaan subsektor kosmetik dan produk rumah tangga. Sampel penelitian terdiri dari 5 perusahaan subsektor kosmetik dan produk rumah tangga yang dipilih dengan teknik sampel jenuh termasuk dalam non probabilitas sampling selama periode 2017–2024, menghasilkan 40 observasi. Analisis data dilakukan menggunakan metode regresi data panel dengan pendekatan fixed effect model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur kepemilikan institusional berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan struktur kepemilikan institusional dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai pemeliharaan. Temuan ini menekankan pentingnya kondisi eksternal perusahaan seperti ketidaksesuaian antara tren kepemilikan institusional dan ukuran perusahaan dengan nilai perusahaan ini mengindikasikan kemungkinan adanya kelemahan keagenan (konflik keagenan), di mana efektivitas struktur kepemilikan dan ukuran perusahaan belum mampu mendorong peningkatan nilai perusahaan secara optimal.
Copyrights © 2025