Siti Khodijah. Program Studi Administrasi Bisnis. Juli 2025. Pengaruh Green Produk, Digital Marketing terhadap Keunggulan bersaing melalui Kinerja UMKM Ecogreen di Kabupaten Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris bagaimana kedua variabel independen tersebut berdampak pada keunggulan bersaing UMKM dengan peran media Kinerja UMKM metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan explanoty resech menggunakan analisis jalur (Path Analisis) terhadap data yang dikumpulkan dari 100 responden pelaku UMKM Ecogreen di Kabupaten Malang. Pengumpulan data yang dilakukan melalui kuesioner yang valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Green Produk berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja UMKM,namun pengaruh langsung Green Produk terhadap Keunggulan bersaing tidak signifikan. Sebaliknya, Digital Marketing berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja UMKM dan Keunggulan Bersaing secara langsung. Kinerja UMKM berperan sebagai variabel mediasi berpengaruh dengan pengaruh signifikan yang mediasi hubungan antara Green Produk dan Digital Marketing terhadap Keunggulan Bersaing. Namun, pengaruh Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja UMKM ditemukan signifikan dengan arah negatif, mengindikansikan bahwa persaingan yang semakin ketat dapat menekan kinerja UMKM jika tidak diimbangi strategi adaptasi yang tepat. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dengan memperkuat pemahaman hubungan antara praktik ramah lingkungan, pemasaran digital, dan Kinerja UMKM untuk mengoptimalkan penggunaan Green Produk dan Digital Marketing bersama dengan peningkatan kinerja sebagai strategi untuk memperkuat keunggulan bersaing di pasar yang kompetitif.
Copyrights © 2025