Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 3 (2025): Agustus - October

Pengaruh E-Commerce, Gaya Hidup, dan Tingkat Pendapatan terhadap Perilaku Konsumtif pada Pengguna Aplikasi Online Shopee di Masyarakat Desa Banaran Kulon, Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk

Lutfi, Muhammad Ali (Unknown)
Cholis, Defa Ainur (Unknown)
Rahayu, Dwi Puji (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh e-commerce, gaya hidup, dan tingkat pendapatan terhadap perilaku konsumtif serta pengaruh e-commerce, gaya hidup dan tingkat pendapatan secara bersama-sama terhadap perilaku konsumtif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, Metode pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada masyarakat desa banaran kulon pengguna aplikasi online shopee. Populasi penelitian terdiri dari seluruh masyarakat desa banaran kulon, kecamatan bagor, kabupaten nganjuk yang berjumlah 5.724 individu, dengan sampel yang diambil sebanyak 374 responden. Penentuan besar sampel menggunakan rumus slovin dengan menggunakan metode nonprobability sampling, khususnya purposive sampling. dengan ukuran taraf tingkat kesalahan sebesar 10 %. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode regresi linier berganda dengan dukungan software SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel e- commerce, gaya hidup, dan tingkat pendapatan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumtif. Dari hasil uji koefisien determinasi (R2) diketahui bahwa e- commerce, gaya hidup, dan tingkat pendapatan secara bersama-sama mempengaruhi sebanyak 85,6% terhadap perilaku konsumtif. Sisanya sebesar 14,4%, dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...