Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 3 (2025): Agustus - October

Pengaruh Persepsi Kemudahan, Harapan Hasil Belajar, dan Social Influence terhadap Niat Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran di SMA Negeri 1 Karanganyar

Utami, Endah Tri (Unknown)
Indriayu, Mintasih (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui (1) pengaruh persepsi kemudahan terhadap niat penggunaan artificial intelligence (AI) di SMA Negeri 1 Karanganyar, (2) pengaruh harapan hasil belajar terhadap niat penggunaan artificial intelligence (AI) di SMA Negeri 1 Karanganyar, (3) pengaruh social influence terhadap niat penggunaan artificial intelligence (AI) di SMA Negeri 1 Karanganyar, (4) pengaruh persepsi kemudahan, harapan hasil belajar, dan social influence terhadap niat penggunaan AI dengan moderasi gender. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMA Negeri 1 Karanganyar kelas X dan XI dengan total 864 dan jumlah sampel yang digunakan sebagai responden sebanyak 130 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner berupa skala likert yang terdiri dari lima tingkat jawaban. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah Moderated Regression Analysys (MRA) dengan bantuan IBM SPSS Statistics 27. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi kemudahan terhadap niat penggunaan artificial intelligence (AI) di SMA Negeri 1 Karanganyar (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan harapan hasil belajar terhadap niat penggunaan artificial intelligence (AI) di SMA Negeri 1 (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan social influence terhadap niat penggunaan artificial intelligence (AI) di SMA Negeri 1 (4) gender memoderasi persepsi kemudahan terhadap niat penggunaan AI (5) gender tidak memoderasi harapan hasil belajar terhadap niat penggunaan artificial intelligence (AI) (6) gender tidak memoderasi social influence terhadap niat penggunaan artificial intelligence (AI)

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...